Tentang

Sejarah berdirinya PAJ

Berdirinya Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) di tahun 1991 tidak dapat dilepaskan dari Yayasan Bina Bhakti yang telah berdiri lebih dahulu ditahun 1976 yang bertujuan memfasilitasi kepulangan alumni Jerman pada saat tersebut yang berjumlah sekitar 10.000 Alumni. Dengan jumlah tersebut alumi merasakan bahwa diperlukan adanya suatu wadah untuk menghimpun alumni Jerman secara keseluruhan.

Mantan duta besar RI untuk Jerman Barat, Bapak Awaloedin Djamin – menangkap sinyal – sinyal akan kebutuhan para alumni Jerman terhadap wadah tersebut dan di pertengahan tahun 1990 beliau meminta Bapak Riza Tadjoedin untuk mengumpulkan alumni Jerman yang pernah aktif di Yayasan Bina Bhakti dan mengambil inisiatif untuk mendirikan suatu wadah bagi seluruh alumni Jerman. Panitia persiapan pendirian organisasi pun didirikan agar rencana pendirian wadah alumni Jerman tersebut lebih efektif dan terkoordinasi. Usaha pendirian wadah ini mendapat dukungan dari Bapak Wardiman Djojonegoro serta duta besar Jerman Barat untuk Indonesia saat itu Karl Walter Lewalter.

Setelah melalui diskusi yang cukup intensif maka dalam waktu relatif singkat telah tersusun Anggaran Dasar untuk wadah Organisasi yang disepakati diberi nama Perhimpunan Alumni Jerman atau disingkat PAJ. Pada tanggai 2 Maret 1991 secara resmi berdiri Perhimpunan Alumni Jerman dengan Akte Notaris No. 8 yang ditandatangani oleh Arifin M. Siregar mewakili Dewan Kehormatan, Awaloedin Djamin mewakili Dewan Pembina, Kumhal Djamin mewakili Pengurus Pusat dan Liliek D. Susbiantoro mewakili Panitia Persiapan Pendirian PAJ, Dalam acara yang berlangsung di Manggala Wanabakti ini juga hadir ratusan alumni Jerman untuk menyaksikan momen bersejarah bagi alumni Jerman tersebut.

Visi

Berhimpun guna mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman

Misi
  • Memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan di kalangan anggota PAJ dengan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat positif bagi anggota dan masyarakat.
  • Menghimpun dan mengarahkan potensi anggota Perhimpunan Alumni Jerman dalam pembangunan nasional, bangsa dan negara.
  • Berhimpun guna mencapai tujuan yang dengan memperhatikan keberadaan alumni Jerman yang berkarya di sektor – sektor Swasta, Pemerintah, dalam berbagai bidang antara lain: sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi, budaya, pendidikan kemasyarakatan, dan lingkungan hidup